Home » » Tips Membuat Rumah Nyaman dan Sejuk

Tips Membuat Rumah Nyaman dan Sejuk



Memiliki rumah yang nyaman dan sejuk adalah dambaan setiap orang. Oleh karena itu banyak para pemilik rumah berusaha semaksimal mungkin untuk merancang dan membuat rumah mereka menjadi nyaman dan sejuk, sehingga seluruh anggota keluarga menjadi nyaman dan betah bertempat tinggal serta melakukan berbagai jenis aktifitas dirumah.

Ada beberapa faktor yang harus anda penuhi untuk membuat rumah kita menjadi nyaman, diantaranya adalah pencahayaan seluruh ruangan yang ada didalam rumah tercukupi, penghawaaan atau sirkulasi udara yang baik serta ruang gerak untuk seluruh penghuni rumah yang cukup memadai. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat suasana rumah kita menjadi nyaman dan sejuk.


1.  Mencegah udara panas dari luar masuk dan terperangkap didalam rumah

Pada siang hari, ketika matahari mulai terik, hal ini menyebabkan udara diluar rumah menjadi panas dan masuk kedalam rumah anda. Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk menutup pintu dan jendela secara rapat pada siang hari. Jika anda memilki halaman depan rumah untuk taman, menanam beberapa pohon bambu kecil bisa mengurangi udara panas masuk kedalam rumah. Pada malam hari, jika anda menginginkan rasa sejuk alami didalam rumah, bukalah jendela dan pintu lebar lebar. Tapi jangan lupa untuk menutupnya kembali pada saat akan tidur.

2. Pasang tirai warna terang atau putih

Dengan pemasangan tirai ini, maka ini adalah salah satu cara untuk mengurangi suhu panas dari luar masuk kedalam rumah anda.

3.  Gunakanlah lampu yang berjenis TL  dan hindari pemakaian lampu pijar atau bohlam

Seperti yang telah kita ketahui, lampu pijar cenderung menghasilkan panas lebih besar dibanding dengan lampu neon atau lampu TL

lampu minimalis romantis


4.  Pastikan rumah anda terbebas dari lembab

Kelembaban suatu ruangan akan membuat ruangan tersebut menjadi panas, untuk menghindari hal ini, usahakan untuk tidak mencuci dan menjemur pakaian anda pada siang hari. 

5.  Menanam tumbuhan hijau

Tanaman hijau merupakan salah satu elemen efektif untuk mengurangi hawa panas didalam rumah. Anda bisa menanam berbagai tanaman hijau di halaman rumah anda, atau bagi anda yang tidak memiliki beranda yang cukup, anda bisa mengakalinya dengan cara menanam tanaman hijau tersebut pada pot pot besar lalu meletakkannya diberanda, teras belakang atau sudut sudut ruangan rumah anda.


taman hijau diberanda depan


Share this article :

0 Poskan Komentar:

Posting Komentar

Arsip

 
Copyright © 2013. Inspirasi Desain Rumah | Interior | Eksterior - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger